Musimqq Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Meja13 adalah situs judi online game capsa susun

Thursday, October 18, 2018

Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Paru-paru Tetap Sehat

Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Paru-paru Tetap Sehat

Kabar Kesehatan - Paru-paru yang baik bisa membuatmu selalu merasa senang dan punya hidup yang lebih berkualitas. Organ yang satu ini memang terbilang vital karena membantumu untuk tetap hidup dengan menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Karena itu, sudah sepatutnya kamu menjaga paru-parumu agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik untuknya. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini sejumlah makanan yang direkomendasikan para ahli untuk membantu fungsi paru tetap oke.

1. Apel Merah

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa anak-anak yang minum jus apel satu kali setiap hari dapat terhindar dari masalah napas mengi dibandingkan dengan anak-anak yang meminumnya lebih jarang. Studi lain menemukan bahwa wanita hamil yang secara teratur makan apel juga lebih sedikit berisiko melahirkan anak yang mengalami asma atau mengi.

Apel dikemas dengan asam fenolik dan flavanoid dikenal untuk mengurangi peradangan di saluran udara.

"Asma telah meningkat dalam prevalensi," kata Alan Mensch, MD, Wakil Presiden Senior Hubungan Medis di Plainview dan Syosset, Long Island, New York. "Beberapa orang berspekulasi karena diet kita telah bergeser dari makan sehat menuju diet yang kurang sehat selama beberapa dekade terakhir."

2. Minyak Zaitun

Para ilmuwan percaya asam oleat, komponen anti-inflamasi yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu pernapasan menjadi lebih baik.

"Minyak zaitun adalah minyak sehat yang berfungsi sebagai antioksidan," ujar Norman H. Edelman, MD, Penasihat Ilmiah Senior untuk American Lung Association.

"Ini membantu melawan efek utama polutan, yaitu peradangan dan molekul buruk yang berasal dari peradangan, yang merupakan oksidan."


3. Kopi

Secangkir kopi itu lebih dari sekadar bikin mata melek tapi bisa meringankan gejala asma. Kafein dapat bertindak sebagai bronkodilator, yang membuka saluran udara ketat pada pasien asma dan mengurangi kelelahan otot pernapasan. Tinjauan beberapa studi kecil menyimpulkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi paru-paru hingga empat jam.

"Kafein adalah bronkodilator ringan; namun, itu tidak sebanding dengan inhaler," jelas Dr Mensch. Tapi tentu ini bisa membantumu untuk punya pernapasan yang lebih baik, bukan?


4. Buah dan Sayur Berwarna Oranye

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye seperti labu, jeruk, dan pepaya, penuh dengan antioksidan yang ramah terhadap paru-paru, terutama vitamin C. Vitamin C terkenal untuk melawan infeksi dan peradangan, dan tinjauan studi menyebut ini mungkin bisa mengurangi frekuensi gejala asma yang dipicu oleh olahraga sebanyak 52 persen. Namun, bukan berarti kamu cuma boleh makan buah dan sayur yang berwarna oranye saja.

"Ahli diet sering berkata, 'makan pelangi' (makan bervariasi) untuk mendapatkan sampel antioksidan yang baik," tutur Stephanie Schiff, RDN, ahli diet di Huntington Hospital, Huntington, New York.

5. Bawang Putih

Makanan yang jadi musuh besar vampir ini memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Satu studi Cina menemukan orang yang mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah dua kali seminggu 44 persen lebih rendah risikonya untuk mengembangkan kanker paru-paru. Bahkan perokok mengurangi risikonya hingga 30 persen.

"Ini bukan pengganti untuk berhenti merokok," kata Dr Edelman. "Jika kamu merokok, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berhenti."

No comments:
Write comments