Musimqq Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Meja13 adalah situs judi online game capsa susun

Tuesday, April 24, 2018

Pemasungan Masih Terjadi Terhadap Lebih dari 100 Penderita Sakit Jiwa di DIY

Pemasungan Masih Terjadi Terhadap Lebih dari 100 Penderita Sakit Jiwa di DIY

Kabar Peristiwa - Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jumlahnya lebih dari 100 jiwa. Beberapa latar belakang pemasungan di antaranya keluarga takut ODGJ akan mengganggu lingkungan, masalah ekonomi, rasa malu atau ketidaktahuan untuk berobat.

"Yang dipasung di DIY ada 100an lebih, itu data dari RS Grasia," kata Kabid Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY, Pramujaya kepada wartawan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (24/4/2018).

Evakuasi untuk mereka yang dipasung dilakukan tetapi hal itu harus seizin dari pihak keluarga. Setelah dievakuasi maka ODGJ ini kemudian dibawa ke RS Grasia Pakem Sleman untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Setelah kondisinya membaik ada beberapa alternatif yang bisa diambil di antaranya kembali pada keluarga atau ke balai rehabilitasi.

"Yang dipasung ini paling banyak di Bantul kemarin itu," katanya.

Divisi Pemantauan dan Pelayanan Pengaduan Komite Disabilitas DIY, Winarta mengatakan di Kulon Progo ada yang harus dirantai karena dikhawatirkan mengganggu orang lain. Kemudian di Sleman juga ditemukan ODGJ yang dimasukan ke suatu bangunan tertutup. Kondisi ini membuat akses untuk mendapatkan obat tidak ada.

"Karena tidak bisa ambil obat, malah semakin parah. Apalagi jika perhatian keluarga tidak ada," kata Winarta di kantor Gubernur DIY.

Sementara itu, dari data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan DIY pada tahun 2016 terdapat 12.322 yang merupakan ODGJ dari jumlah penduduk sekitar 3,594 juta. Jumlah ODGJ tertinggi ada di Kabupaten Bantul mencapai 3.875 jiwa. Kemudian disusul Gunungkidul sebanyak 2.730 jiwa, Kulon Progo sebanyak 1.995 jiwa, Kota Yogyakarta sebanyak 1.954 jiwa dan Sleman mencapai 1.768 jiwa.


No comments:
Write comments