Musimqq Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Meja13 adalah situs judi online game capsa susun

Thursday, February 8, 2018

Kaum Pria Wajib Tahu 4 Faktor Risiko Kanker Prostat

Kaum Pria Wajib Tahu 4 Faktor Risiko Kanker Prostat

Kabar Kesehatan - Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker prostat merupakan kasus kanker paling umum dan menempati urutan kedua pada pria. Diperkirakan, sekitar 1,1 juta pria di dunia terdiagnosis kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012 karena jenis kanker tersebut.

Karena itu, ada baiknya untuk mengenal sejumlah faktor risiko yang ada dari jenis kanker yang satu ini. Dilansir Cancer Center, Kamis (8/2/2018), yuk pahami dan bagikan informasi ini pada orang tersayang.

1. Ras dan umur

Sejumlah studi menunjukan bahwa orang turunan Afrika-Amerika sekitar 70 persen lebih rentan mengembangkan risiko kanker prostat sepanjang hidup mereka dibandingkan dengan ras kaukasian atau hispanik.

Sedangkan dari segi usia, ternyata semakin bertambahnya umur seseorang maka kemungkinan mengidapnya juga semakin lebih besar. Hanya satu dari 10 ribu pria di bawah 40 tahun yang terdiagnosis kanker prostat. Fakta lain yang mengejutkan, satu dari 15 pria pada usia 60 tahun terdiagnosis penyakit ini.

2. Genetik

Gen juga memegang faktor risiko sama halnya dengan sejumlah jenis kanker lainnya. Menurut studi, pria yang punya keluarga dekat seperti ayah atau saudara laki-laki yang pernah terkena kanker prostat risikonya ikut terkena menjadi dua kali lebih besar. Di tambah, jika anggota keluarga lain (sepupu, keluarga jauh) risikonya juga semakin bertambah.

3. Gaya hidup

Pola makan yang tidak sehat seperti tinggi lemak jenuh hingga menyebabkan kamu obesitas akan meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Selain itu, orang yang memiliki hormon testosterone tinggi (contoh: pria yang sedang dalam terapi testosterone) lebih mungkin mengembangkan kanker prostat seiring dengan peningkatan testosterone yang menstimulasi pertumbuhan kelenjar prostat.

4. Faktor lainnya

Ada faktor lain yang menyebabkan kanker prostat seperti prostatic intraepithelial neoplasia (PIN). PIN adalah suatu kondisi dimana sel kelenjar prostat terlihat abnormal saat diperiksa dengan mikroskop. Hal ini biasanya tidak menunjukan gejala apapun dan hampir separuh pria didiagnosis dengan PIN sebelum usia 50 tahun.

Perubahan genom juga berpengaruh untuk masalah ini. Gen tertentu telah diketahui dapat meningkatkan risiko kanker prostat, seperti gen BRCA1 dan BRCA2.

No comments:
Write comments